Home / internasional / Kota Maheen Dikuasai ISIS | Krisis Timur Tengah

Kota Maheen Dikuasai ISIS | Krisis Timur Tengah

Kota Maheen Dikuasai ISIS | Krisis Timur Tengah. Sebuah kelompok militan garis keras yang menamakan dirinya sebagai Negara Islam atau biasa disebut ISIS dikabarkan sudah merebut Kota Maheen, Suriah, dari penjagaan militer pemerintah negara yang berada di Timur Tengah itu.

Maheen merupakan sebuah kompleks militer raksasa serta para warganya banyak yang menjadi pedagang senjata.

Kelompok ini memulai serangannya dengan meledakkan dua bom bunuh diri pada akhir bulan Oktober lalu, demikian sebagaimana dilaporkan oleh lembaga pengamat HAM di Suriah yang bermarkas di Inggris.

Pada hari Minggu pagi (1/11) lalu, seluruh bagian kota Maheen telah jatuh ke pangkuan ISIS, menurut laporan darin pihak Pengamat serta pernyataan resmi yang dirilis oleh ISIS.

Pertempuran cukup sengit juga dikabarkan berlangsung di dekat kota Sadad, sebuah kommpleks yang dihuni oleh penganut agama Kristen di Suriah.

Pendudukan ISIS terhadap kota Maheen ini juga terjadi di tengah serangan udara di wilayah Suriah yang dilakukan oleh salah satu negara adikuasa, Rusia beserta militer gabungan yang dikomando oleh Amerika Serikat.

ISIS telah memperluas wilayahnya dari utara serta selatan ke provinsi Homs di pusat pemerintahan negara Suriah mulai beberapa bulan terakhir ini. Kelompok militan ini juga melakukan penyerbuan ke Tadmur—sebuah kompleks reruntuhan kuno di kota Palmyra—pada bulan Mei lalu, lalu merebut Al Qaryatain di bulan Agustus.

About admin