Home / berita umum / Ikan-ikan Mabuk di Kali Jagir Surabaya Jadi Serbuan Warga

Ikan-ikan Mabuk di Kali Jagir Surabaya Jadi Serbuan Warga

Ikan-ikan Mabuk di Kali Jagir Surabaya Jadi Serbuan Warga – Beberapa ratus ikan tidak diduga muncul ke permukaan. Masyarakat seputar memandang menjadi ikan mabuk. Kesempatan kali ini membuat masyarakat Surabaya berjejer-jejer di tepi Kali Jagir berburu ikan mabuk. Serta mereka dengan sigap tangkap ikan-ikan itu.

Hasil tangkapan ikan mabuk itu ada yang di jual serta ada yang dikonsumsi sendiri. Diantaranya Untung (72), masyarakat Ngagel Dadi. Ia tahu ada ikan-ikan mabuk semenjak jam 10.00 WIB. Tahu ada ikan mabuk, ia dengan teman-temannya langsung membawa perlengkapan jaring serta tas plastik untuk tempat ikan.

“Semenjak jam 10 barusan banyak ikan yang mabuk. Tetapi saya baru hadir jam 11. Cukup bisa banyak, tetapi ikan bader saja yang mabuk (Keluar ke permukaan). Berlainan dengan tahun kemarin, ikan yang mabuk berbagai macam,” kata Untung, di Bendungan Kali Jagir, Wonokromo, Selasa (4/12/2018).

Tidak cuma Untung, hal sama ikut dikerjakan oleh Arifin, masyarakat Sidosermo. Ia menyengaja berburu ikan mabuk untuk dikonsumsi sendiri.

“Ya saya cari ikan untuk dikonsumsi sendiri. Saya tidak takut. Saya biasa memproses ikan-ikan mabuk yang saya tangkap,” kata Arifin.

Lainnya perihal dengan Samini, masyarakat Gang Lumumba Dalam, Ngagel Dadi. Ia lebih pilih jual ikan hasil tangkapan anaknya itu di tepi Jalan Jagir, daripada dikonsumsi. Samini juga jual ikan-ikan itu seharga Rp 10 ribu.

“Ini saya jual kembali. Barusan yang tangkap anak saya. Ikan bader ini saya jual Rp 10 ribu 7 ekornya,” tutur Samini.

Samini mengakui telah terlatih tangkap serta jual ikan mabuk. Waktu ada ikan mabuk, dianya tentu pergi dengan anaknya untuk tangkap serta menjualnya. Hal tersebut juga yang dikerjakan tetangga-tetangganya.

“Sejak dahulu semacam ini jika ada ikan mabuk, tetap jual di pinggir-pinggir jalan,” pungkasnya.

About admin