Home / Ekonomi / Wanita Asal Jaktim Raih Omzet 37/Perbulan Dari Usaha Jual Kandang Burung

Wanita Asal Jaktim Raih Omzet 37/Perbulan Dari Usaha Jual Kandang Burung

Wanita Asal Jaktim Raih Omzet 37/Perbulan Dari Usaha Jual Kandang Burung – Dunia kicau mania atau perburungan kebanyakan didominasi oleh para pria, termasuk juga pebisnis sehubungan. Akan tetapi, hal demikian tidak membatasi Mar Atun untuk berusaha jualan kandang burung.

Kios punya wanita itu bertempat di Jalan Bambu Apus Raya, Bambu Apus, Jakarta Timur. Toko itu disebut Hana Sangkar.

Mar Atun mulai menjalani usaha jualan kandang burung pada 6 tahun yang lalu. Masa itu, modal yg ia gelontorkan kurang lebih Rp 6 juta dari kantong pribadinya. Akan tetapi semula barang jualannya tidak demikian lengkap.

“Pada awalnya ya dikit sedikit makin lama lengkap,” tukasnya
Ia membulatkan niat terjun ke usaha yg sebagian besar digemari para Adam itu sebab saudaranya memang banyak yg berusaha sama.

“Sebab saudara saya di Cirebon itu udah usaha semacam ini semua. Jadi saya coba coba ngikut di Jakarta,” katanya.
Kandang burung yg ia jual dipasok dari banyak daerah di negeri, di mulai dari Solo, Malang, Madiun, termasuk juga Cirebon. Harga nya juga beragam, di mulai dari Rp 40 ribu untuk ukuran sangat kecil, sampai Rp 800 ribu untuk ukuran besar serta bermerek.

Rata-rata, pembeli yg beli kandang burung di tempatnya ialah populasi kicau mania.

Omzet kotor yg ia raih dalam 1 bulan dapat capai rata-rata Rp 37,5 juta, dengan keuntungan bersih yg di terima kurang lebih Rp 7,5 juta. Hal demikian dengan jual kandang /hari 4-10 buah, ditambah penjualan aksesories yang lain.

“Saya gak kalkulasi, terkadang laris 10, terkadang laris 4 kan satu hari harinya begitu, gak rata,” ucapnya.

Mengingat perebutan usaha itu semakin ketat dengan bermunculannya kios-kios baru, menurut dia barang yg ada di tempatnya mesti lengkap. Hal demikian supaya pembeli tidak kabur ke kios berbeda.

“Bila saya sich yg terpenting lengkap saja supaya orang cari itu ada pada sini begitu. Kita barang mesti semua ada, lengkap, ia bila yg dicari gak ada kan cari lain tempat,” terangnya.

Ia juga membagi panduan untuk pilih kandang burung. Perihal penting yang wajib diyakinkan kandang itu sesuai pembawaan, model serta ukuran burung.

“Dari kandang pun kebutuhannya kan beda. Bergantung model burungnya, ada yang menyukai gigitin kandang, bermakna gak bisa kandang yg dari kayu, harusnya besi,” imbuhnya

About admin