Home / kesehatan / Waktu Yang Tepat Untuk Makan

Waktu Yang Tepat Untuk Makan

Waktu Yang Tepat Untuk Makan – Bila Anda tengah melakukan diet untuk turunkan berat tubuh, jadi berolahraga adalah hal yg tidak bisa ketinggal untuk dikerjakan. Tetapi, mungkin saja Anda bingung, kapan saat yang baik untuk makan, apakah sebelumnya lakukan berolahraga atau sesudah berolahraga?

Satu riset yang dikerjakan di Belgia, mempelajari bagaimana perubahan berat tubuh orang yang makan sebelumnya berolahraga serta sesudah berolahraga. Sejumlah 27 pria umur muda diberi makanan yang tinggi kalori serta tinggi lemak sepanjang enam minggu berturut ikut.

Lalu mereka dibagi jadi tiga grup, yakni grup yg tidak lakukan berolahraga sekalipun, grup yang sarapan dengan makanan tinggi karbohidrat sebelumnya lakukan berolahraga, dan grup yang makan dengan makanan yang tinggi karbohidrat tetapi dikonsumsi sesudah berolahraga.

Bukanlah hal yang aneh bila penambahan berat tubuh yang tertinggi berlangsung pada grup yg tidak lakukan berolahraga sekalipun. Tetapi, hasil beda tunjukkan kalau grup yang makan sesudah berolahraga mempunyai penambahan berat tubuh yang terendah, bahkan juga tidak alami penambahan berat tubuh sekalipun.

Walau belum juga banyak riset beda yang temukan hasil yang sama dengan riset yang sudah dijelaskan barusan, hal semacam ini tunjukkan kalau apa yang Anda makan sebelumnya berolahraga begitu punya pengaruh pada perubahan berat tubuh.

Konsumsi makanan yang sangat banyak sebelumnya berolahraga juga dapat juga mengganggu pencernaan serta mengakibatkan perut sakit saat lakukan berolahraga, hal semacam ini dikarenakan oleh saat makan yang kurang pas.

Banyak yang berasumsi kalau berolahraga dengan perut kosong bisa mengoptimalkan pembakaran kalori serta lemak pada badan, tetapi hal itu tidak seutuhnya benar. Bila Anda berolahraga dengan perut kosong, jadi badan alami kekurangan daya, lalu Anda akan tidak mampu lakukan berolahraga dengan baik serta tidak bisa membakar kalori dengan maksimum.

Prinsipnya, badan memerlukan saat untuk mengolah makanan serta mengolahnya jadi daya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan aktivitas serta berolahraga. Saat yang diperlukan badan untuk mengolah makanan bergantung dengan jumlah dan type makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang tinggi lemak, protein, serta serat, memerlukan saat cerna lebih lama, demikian halnya jumlah makanan yang banyak. Oleh karenanya, tambah baik konsumsi makanan yang rendah lemak dan kalori, sekitaran 3 sampai 4 jam sebelumnya berolahraga, seperti roti gandum dengan telur atau sereal dengan susu.

Tetapi bila Anda lakukan berolahraga pada pagi hari serta tidak punya kebiasaan konsumsi makanan berat, jadi Anda bisa konsumsi camilan 1 sampai 2 jam sebelumnya berolahraga, seperti buah dengan yogurt rendah lemak, juice buah, atau sereal.

About admin