Home / internasional / Serangan Dua Bom di Gereja Katolik di Filipina Akibatkan 20 Orang Tewas

Serangan Dua Bom di Gereja Katolik di Filipina Akibatkan 20 Orang Tewas

Serangan Dua Bom di Gereja Katolik di Filipina Akibatkan 20 Orang Tewas – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengemukakan dia bakal membinasakan beberapa pihak yg kerjakan serangan pada gereja Katolik di Pulau Jolo, Filipina selatan, Minggu (27/01).

Penegasan itu dikatakan menyusul serangan dua bom di Gereja Katolik Maria Gunung Karmel yg mengakibatkan lebih kurang 20 orang wafat serta melukai beberapa puluh orang.

Presiden Duterte, lewat juru bicaranya, Salvador Panelo, mengemukakan musuh-musuh negara udah melawan pemerintah dalam jamin keselamatan penduduk di lokasi itu, namun mereka bakal dihancurkan.

“Angkatan Bersenjata Filipina bakal melakukan tindakan serta membinasakan banyak penjahat gak bertuhan,” tegasnya.

Bom pertama meledak kala misa berjalan di gereja. Disaat aparat keamanan menyisir area, bom ke dua meledak di ruangan parkir mobil.

AbuSayyaf dianggap
Ledakan pertama berlangsung jam 8.45 waktu ditempat. Awal mulanya, gereja ini juga sempat dibom.

Ledakan bom ini berlangsung beberapa waktu sesudah referendum pelebaran otonomi daerah, Lokasi Otonomi Bangsamoro di lokasi Muslim Mindanao yang meliputi Pulau Jolo.

Tentara dikerahkan mengawasi gereja sesudah berlangsung serangan bom.

Belumlah ada klaim tanggung jawab dari golongan mana saja atas serangan ini. Tetapi Jolo sampai kini diketahui menjadi satu diantaranya basis milisi Abu Sayyaf.

Kepala Kepolisian Filipina Oscar Albayalde mengemukakan golongan Abu Sayyaf dianggap menjadi pihak yg bertanggung-jawab atas serangan dua bom itu.

Beberapa poto yg tersebar di medsos perlihatkan jalan pokok ketujuan gereja itu ditutup oleh tentara bersenjata komplet.

Beberapa korban luka dievakuasi memanfaatkan pesawat ke kota paling dekat, Zamboanga.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana menyebutkan serangan itu menjadi tindakan pengecut. Dia memojokkan masyarakat ditempat untuk hati-hati serta menunjang pemerintah mengeyahkan terorisme.

“Kami bakal memanfaatkan semua kebolehan untuk menegakkan keadilan pada pemeran dibalik insiden ini,” kata Lorenzana dalam keterangannya.

About admin