Home / berita umum / Rugikan Negara Rp 1,3 Triliun, Mafia BBM Ilegal Ditangkap di Bali

Rugikan Negara Rp 1,3 Triliun, Mafia BBM Ilegal Ditangkap di Bali

Rugikan Negara Rp 1,3 Triliun, Mafia BBM Ilegal Ditangkap di Bali – Deki Bermana diamankan di Benoa, Bali, oleh team pelaksana eksekusi kejaksaan. Deki adalah mafia penyelundup BBM serta aktor money laundry sejumlah Rp 1, 3 triliun.

Minggu (5/8/2018), Deki adalah bekas Mualim I SPOB Melisa PT Agni Jaya Kesuma serta bekas Mualim I Kapal MT Santana punya PT Pelumin. Masalah kencing BBM itu membawa Deki ke pengadilan.

Akan tetapi Pengadilan Tipikor PN Pekanbaru menjatuhkan vonis bebas pada 25 Agustus 2015. Ketua majelis hakim yang memutuskan bebas itu, Achmad Setyo Pudjoharsoyo sekarang jadi Sekretaris Mahkamah Agung (MA).

Atas putusan itu, kejaksaan lakukan kasasi. MA pada akhirnya menjatuhkan vonis tujuh tahun penjara pada Deki. Hal tersebut tertuang dalam putusan Nomer 2621K/Pid. Sus/2015 tgl 24 Agustus 2016. Semenjak putusan MA itu, Deki juga dinyatakan buron.

MA juga menjatuhkan pidana penambahan untuk membayar uang alternatif sebesar Rp 547 miliar lebih. Dengan ketetapan apakah jika Deki tidak bisa membayar uang alternatif sebulan sesudah putusan, karena itu harta bendanya bisa diambil alih jaksa serta dilelang untuk menutupi yang alternatif

Pelarian Deki semenjak 2015 lantas juga pada akhirnya berhenti pada Sabtu (4/8) tempo hari. Dia diamankan di Pelabuhan Benoa, Bali. Deki diamankan team kejaksaan serta secara langsung diberangkatkan ke Pekanbaru.

” Deki Bermana, ditangkap di Pelabuhan Tanjung Benoa, Sabtu (4/8), ” tutur Jamintel Kejagung, Jan S Maringka, waktu di konfirmasi terpisah.

Deki dapat dibuktikan lakukan penyelundupan BBM serta telah divonis 7 tahun penjara. Menurut Jan, perbuatan Deki merugikan negara Rp 1, 3 triliun. Tadi siang Deki juga dijebloskan ke LP Pekanbaru, dia juga mesti bermalam di hotel prodeo sesuai dengan waktu hukumannya.

About admin