Home / berita umum / Polri Minta Masyarakat Indonesia Ikuti Aturan Undang-undang

Polri Minta Masyarakat Indonesia Ikuti Aturan Undang-undang

Polri Minta Masyarakat Indonesia Ikuti Aturan Undang-undang – Mahkamah Konstitusi (MK) udah menampik tuntutan klub hukum paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam sidang perseteruan hasil penentuan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi. Polri memohon warga terima ketetapan MK.

“Kita mesti setuju jika dengan cara konstitusi kita berikan pada MK. Ajakan pada warga, seluruhnya warga Indonesia, supaya bekerja seperti rata-rata, konsisten tenang. Ini yaitu cermin demokrasi di Indonesia,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Iqbal menghimbau pada kelompok-kelompok massa untuk menghormat ketetapan MK serta ikuti ketentuan yang ada.

“Pada barisan warga, Polri menghimbau hormati apa-pun ketetapan MK, serta ikuti aturan-aturan hukum yang ada,” papar Iqbal.

Mahkamah Konstitusi (MK) menampik seluruhnya permintaan tuntutan hasil Pemilihan presiden 2019 yang di ajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan ketetapan ini, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin konsisten menangi Pemilihan presiden 2019.

“Mengadili, menyebutkan, dalam eksepsi menampik eksepsi Termohon serta faksi berkenaan untuk semuanya. Dalam inti permintaan: menampik permintaan Pemohon untuk semuanya,” papar Ketua MK Anwar Usman membacakan amar ketetapan dalam sidang tuntutan hasil pemilihan presiden di gedung MK.

Dalam konklusi, MK tarik kesimpulan berotoritas mengadili permintaan a quo. Pemohon disebutkan mempunyai posisi hukum (legal standing) untuk ajukan permintaan a quo.

Menurut majelis hakim MK, klub hukum Prabowo-Sandiaga pula gak mengacu pada uraian hukum khusus berkenaan money politics atau vote buying.

Klub 02 tidak tunjukkan dengan cara jelas perihal yang didalilkan itu memengaruhi pencapaian suara Prabowo-Sandi atau Jokowi-Ma’ruf. Majelis hakim menyebutkan, dalam persidangan, tidak tersingkap apa pemohon telah menyampaikan perkiraan pelanggaran yang didalilkan itu pada Bawaslu atau belum.

About penulis77