Home / internasional / Pilot Malaysia Airlines Sempat Salah Arah Tujuan

Pilot Malaysia Airlines Sempat Salah Arah Tujuan

Pilot maskapai penerbangan Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH132 dilaporkan sempat mengalami salah arah ketika melakukan penerbangan dari Selandia baru menuju Malaysia. Penerbangan itu memiliki rute Auckland menuju Kuala Lumpur.
Berasarkan laporan dari New Zealand Herald, pilot tersebut malah mengarahkan penerbangan pesawatnya menuju Melbourne, Australia.
Sekitar 8 menit setelah melakukan lepasa landas pada jam 02:23 pas Hari Natal kemarin, pilot pun mengubungi pengawas udara yang ada di Auckland serta menanyakan kenapa rute penerbangannya tak langsung menuju ke Malaysia.
Setelah itu, pilot mengarahkan pesawat itu melewati Laut Tasmania serta memilai perjalanannya menuju ke Kuala Lumpur. Para penumpang kebanyakan tidak mengetahui tentang kejadian salah arah tersebut.
“Jalur penerbangan yang telah disampaikan kepada kami merupakan jalur yang menuju Kuala Lumpur, namun sedikit menempuh jalur yang berbeda dari harapan si pilot,” ungkap jubir pengawas udara Selandia Baru. Dirinya juga mengatakan bahwa tim penyelidik juga akan memeriksa kejadian ini.
Peter Clark, selaku pengamat penerbangan di Selandia Baru mengungkapkan bahwa sejumlah penerbangan biasanya mamang melewati selatan Australia ketika akan mencapai tujuan. Hal ini dilakukan karena untuk menghindari angin yang berasal dari arah depan. Hingga berita ini diturunkan, masih belum ada keterangan resmi dari pihak Malaysia Airlines.

About admin