Home / berita umum / Pembak Pacitan Bertindak Untuk Putus Penularan Virus Hepatitis A

Pembak Pacitan Bertindak Untuk Putus Penularan Virus Hepatitis A

Pembak Pacitan Bertindak Untuk Putus Penularan Virus Hepatitis A – Pemkab Pacitan terus kerja keras memutuskan rantai penyebaran penyakit Hepatitis A di daerah itu. Dinas kesehatan ditempat berbagi bahan disinfektan pada penduduk di daerah terkena. Perbuatan itu dibarengi publikasi oleh petugas promo kesehatan.

“Sudah ada hampir seribuan (paket) yg kami bagi door to door serta ini kita telah menyediakan sejumlah logistik serta mungkin jika kelak puskesmas memerlukan kita telah siap,” tutur Dian Bahari Sandhi, petugas fungsional sanitarian Dinkes Pacitan, Jumat (28/6/2019) pagi.

Mengenai bahan yg disediakan dinkes itu, kata Dian, misalnya kaporit, lysol, serta sabun bersihkan tangan. Kaporit dimanfaatkan pada sumber air bersih ataupun bak penampungan. Sedang cairan lysol pemanfaatannya untuk bersihkan ruangan kamar mandi dari paparan virus.

Pemberian sabun bersihkan tangan didambakan bisa difungsikan secara baik oleh orang. Cairan penyuci hama ini mesti dimanfaatkan untuk bersihkan tangan kala akan menjamah makanan atau selesai dari kamar mandi.

“Tidak hanya pemberian logistik ke semasing rumah kita berikan edukasi pada pasien ataupun keluarganya lantaran bagaimana juga kita terus terus mengusahakan memutuskan mata rantai penyebaran,” imbuhnya.

Sampai Kamis (27/6) pasien Hepatitis A di Pacitan terdaftar 824 orang. Banyaknya paling tinggi pasien datang dari daerah Puskesmas Sudimoro. Yaitu 481 orang.

Selanjutnya yakni Puskesmas Ngadirojo dengan banyaknya pasien Hepatitis A 137 orang. Di barisan ke-3 Puskesmas Sukorejo dengan 78 pasien, diikuti Tulakan sekitar 58 pasien. Dari Puskesmas Wonokarto diadukan ada 37 pasien.

Sedang untuk Puskesmas Bubakan yg ada di daerah Kecamatan Tulakan, banyaknya pasien tercatatal 17 orang. Lonjakan malah berlangsung di daerah Arjosari. Angka terakhir memperlihatkan ada 11 pasien. Walaupun sebenarnya satu hari awal kalinya cuma 2 orang.

Sedang di daerah Puskesmas Tegalombo diketemukan 4 pasien. Ada di barisan paling akhir yakni hasil di Puskesmas Ketrowonojoyo, Kecamatan Kebonagung sekitar 1 pasien.

About penulis77