Home / berita umum / Pasca Banjir, KPU Jabar Pindahkan Ratusan TPS Ke Daerah Aman

Pasca Banjir, KPU Jabar Pindahkan Ratusan TPS Ke Daerah Aman

Pasca Banjir, KPU Jabar Pindahkan Ratusan TPS Ke Daerah Aman – Komisi Penentuan Umum (KPU) Jawa Barat mengalihkan beberapa tempat pengambilan suara (TPS) di lokasi terdampak banjir. Tidak hanya itu, mereka mengatakan udah menyebutkan kesigapan menjalankan waktu pencoblosan pada Penentuan Umum (Pemilu) serentak 2019.

Sekurang-kurangnya, ada sekitar 210 TPS di lokasi Kabupaten Bandung dipindahkan ke area yang baru supaya orang konsisten dapat mengalirkan hak pilihnya. Beberapa ratus TPS itu menyebar Kecamatan Ciparay, Rancaekek, Baleendah, Dayeuhkolot, Banjaran serta Bojongsoang.

“TPS di enam kecamatan atau delapan desa dipindahkan. Memang TPS yang sangat banyak dipindahkan itu berada pada Baleendah lantaran banjir,” kata Ketua KPU Ja-bar Rifqi Alimubaroq di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (16/4).

Tidak hanya itu, perihal yang berhubungan dengan logistik dia klaim udah usai serta siap menyelenggarakan pencoblosan. Salah satunya merubah 300 kotak nada yang rusak karena terendam lumpur di Kabupaten Bogor dengan kotak nada sisa Pemilihan kepala daerah serentak 2018.

Menurut dia sekarang semuanya logistik pemilu udah ada di KPPS semasing di 27 kabupaten serta kota di Ja-bar. Dia menegaskan ini hari semuanya logistik, kotak serta surat nada didistribusikan ke TPS. Untuk menghadapi rusaknya logistik oleh hujan kala didistribusikan, kotak nada dapat di lapis plastik. Khususnya di wilayah-wilayah yang distribusinya tdk dapat memanfaatkan kendaraan.

“Ini hari semua dapat didrop ke TPS semasing. Namun kita memperkirakan cuaca berlebihan, kotak nada kita lapisi plastik. Soalnya di lokasi seperti Garut serta Cianjur selatan ada yang tdk dapat gunakan mobil, mesti digotong,” tutur Rifqi.

Disinggung perihal jumlahnya petugas, ada kurang lebih 1,2 juta orang yang terbagi dalam KPU, Panwaslu serta petugas perlindungan orang (Linmas) berjaga menyebar di 138.000 TPS. Dia mengharapkan, angka kontribusi pemilih di Jawa Barat dapat baik. Karena Provisnsi Jawa Barat mempunyai kurang lebih 33 juta jiwa yang masuk ke jadwal pemilih konsisten (DPT).

“Jumlahnya TPS pada Pemilu 2019 di Jawa Barat tambah lebih banyak dibanding TPS kala realisasi Pemilihan kepala daerah Serentak 2018. Lantaran jumlahnya pemilih optimal di tiap-tiap TPS kurang lebih 300 pemilih,” terangnya.

Selain itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membidik tingkat paritisipasi pemilih Jawa Barat dalam Penentuan Presiden serta Legislatif 2019 menggapai 80 prosen. Karena itu, dia juga lakukan beberapa usaha untuk meraihnya, seperti menghadirkan sayembawa bertemakan pencoblosan.

Sayembara laku untuk penyelenggara serta pemilih. Category yang disayembarakan dari mulai Dekorasi TPS Terunik serta TPS dengan kontribusi pemilih paling tinggi, dengan hadiah untuk semasing category Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta untuk pemenang ke-2, serta Rp 5 juta untuk pemenang ke-3.

“Untuk petugas TPS Terheroik lantaran sulit verifikasinya, kami dapat memandang dari versus wartawan. Supaya wartawan yang memastikan manakah TPS sangat heroik,” kata Emil.

Untuk banyak pemilih pun disajikan hadiah lewat category Selfie di TPS dengan pose terunik. Syaratnya, swafoto mesti berwujud netral tanpa ada tunjukkan support pada satu diantara capres, parpol, atau caleg. Poto juga mesti dilaksanakan di muka TPS, bukan di dalam bilik nada. Hadiahnya sama, Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 10 juta pemenang ke-2, serta Rp 5 juta pemenang ke-3.

Semua poto mesti diupload di account Instagram semasing peserta dengan men-tag serta mention account @humas_jabar, @ridwankamil serta @kpujabar terpaling lambatnya tanggal 18 April 2019. Pemenang dapat diumumkan pada Mei 2019.

Pada Pemilu 2014 kontribusi pemilih di Ja-bar menggapai 71,3 prosen, serta pada Penentuan Gubernur 2018 alami penurunan berubah menjadi 70,3 prosen. Walau termasuk berat, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, masih tetap menyimpan optimisme mengingat usaha semua stakeholder udah optimal.

“Moga-moga saat ini semangatnya lebih. Ditambah lagi, lewat cara nasional ada program Kelingking Fun. Jadi, perlihatkan kelingking ungu dapat disc. 50 prosen. Benar-benar memberi dukungan,” tutur Ridwan Kamil.

About admin