Home / berita umum / Naiknya Dana Desa Tahun 2019 Bakal Bawa Arah Positif Untuk Masyarakat

Naiknya Dana Desa Tahun 2019 Bakal Bawa Arah Positif Untuk Masyarakat

Naiknya Dana Desa Tahun 2019 Bakal Bawa Arah Positif Untuk Masyarakat – Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan memberikan indikasi kalau aturan dana desa di 2019 akan semakin besar dari tahun-tahun pada awal mulanya.

Hal semacam itu disibakkan oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti waktu rapat panja tentang arah kebijakan transfer daerah serta dana desa 2019 dengan Banggar DPR RI.

Sempurna menyampaikan, untuk awalan kajian pemerintah belumlah menyarankan pagu indikatif untuk dana transfer ke daerah serta dana desa th. depan. Tetapi, untuk dana desa bakal ada kenaikan.

” Jadi arah kebijakan yang pertama yaitu tingkatkan pagu aturan dana desa, ” kata Sempurna di ruangan rapat Banggar DPR RI, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Dia menilainya, dana desa mempunyai arah yang besar yakni tingkatkan service umum, mengentaskan kemiskinan, memajukan ekonomi, menangani kesenjangan antar desa.

” Lalu menyempurnakan alokasi dengan masih memerhatikan segi pemerataan serta keadilan, ke-3 memaksimalkan pemakaian dana desa pada sebagian aktivitas prioritas desa pada 3 hingga 5 aktivitas, lalu meneruskan skema padat karya tunai dalam pemakaian dana desa untuk meneruskan pembangunan infrastruktur atau fasilitas fisik, ” jelas dia.

eski demikian, Sempurna mengakui menyerahkan pada DPR tentang saranan aturan dana desa yang akan naik di th. 2019. Karena, rapat panja dengan Banggar DPR baru hanya awalan kajian arah kebijakan.

Aturan transfer ke daerah serta dana desa pada 2018 diputuskan sebesar Rp 766, 16 triliun pada APBN. Dari jumlahnya itu untuk transfer ke daerah sebesar Rp 706, 16 triliun, serta untuk dana desa sebesar Rp 60 triliun.

About admin