Home / kesehatan / Menumbuhkan Sikap Jujur Pada Anak | Sehat

Menumbuhkan Sikap Jujur Pada Anak | Sehat

Menumbuhkan Sikap Jujur Pada Anak | Sehat Orang tua mana yang tidak mau buah hatinya punya sifat terpuji, yakni salah satunya jujur. Nah, untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak dini, bebrapa hal yang bisa dilakukan orang tua.

Hal tersebut diungkapkan psikolog anak serta keluarga Anna Surti Ariani SPsi MSi, yang pertama harus dilakukan jika ingin anak terbiasa berkata jujur adalah membuat anak nyaman saat menyampaikan hal dengan jujur. Karena jujur bukan selalu hal selalu menyenangkan.

“Ketika anak melakukan kesalahan, misalnya menjatuhkan air ya (emosi) orang tua jangan sampai meledak berlebihan. Karena ketika orang tua marah berlebihan, anak justru bakal berpikir ‘oh kesalahan itu sebaiknya tidak diakui atau sebaiknya kabur saja dari masalah’,” kata wanita yang akrab disapa Nina.

Kemudian Nina melanjutkan, seharusnya orang tua menunjukkan perlakuan seperti ‘oh tumpah ya, waduh bisa licin, apa yah yang harus kita lakukan?’. Lalu, ajak anak untuk mencari solusi dan mengajarkan seperti ‘kamu ambil pel, lalu taruh gelasnya pada atas meja lalu cara pelnya gini, coba kamu lakukan’.

Menurut Nina, dengan menunjukkan sikap seperti itu anak bakal menerima hal positif dan pembelajaran agar mencari solusi dari kesalahannya. Kemudian, anak bakal lebih nyaman mengatakan kejujuran atau kesalahannya

About admin