Home / berita umum / Kritikan Pedas Fadli Zon: Nilai Rupiah Terus Melemah, Jokowi Gagal

Kritikan Pedas Fadli Zon: Nilai Rupiah Terus Melemah, Jokowi Gagal

Kritikan Pedas Fadli Zon: Nilai Rupiah Terus Melemah, Jokowi Gagal – Amukan nilai ganti Dolar AS pada rupiah yang selalu merangkak naik memantik kritik tajam dari oposisi pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi dinilai tidak berhasil.

Rabu (5/9/2018), kritikan tajam masalah kegagalan Jokowi itu hadir dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Fadli menilainya keadaan rupiah yang selalu melemah dapat mengakibatkan kerontokan perekonomian di beberapa level.

” Bila rupiah selalu melemah, dapat saja ada bank yang rontok, swasta tidak dapat bayar utang, default, PHK serta banyak akibat ikut-ikutan lainnya. Pemerintah tidak terlihat melakukan perbuatan apa pun, tidak ada intervensi kebijakan yang tepat. Berikut kegagalannya, ” tutur Fadli, Selasa (4/9/).

Menurut Fadli, keadaan sekarang ini adalah kondisi terburuk buat rupiah di masa reformasi. Pemerintah, katanya, tidak berhasil hentikan depresiasi rupiah pada dolar AS.

Tidak hanya Fadli, Ketua DPP Gerindra Habiburokhman ikut juga memberi komentar. Dia memandang melemahnya nilai ganti Rupiah dapat menggerus kepopuleran Jokowi di Pemilihan presiden 2019. Karena, meroketnya dolar AS dapat berimbas pada harga-harga keperluan pokok.

” Ya saya pikir ada pemilu, tidak ada pemilu namanya pemerintahan jika tidak dapat penuhi harapan, ditambah lagi janji masalah dolar demikian, juga bakal memiliki masalah. Kan itu akan berimbas serta telah berimbas pada harga-harga. Menjadi kita janganlah ngomong pemilu, tidak ada pemilu juga bakal memengaruhi (nada), ” kata Habiburokhman.

Kritikan itu lalu ditanggap partai politik pengusung Jokowi. PDIP meyakini pemerintahan Jokowi dapat mengatasinya.

Orang politik PDIP Eva Kusuma Sundari, yang adalah anggota Komisi XI DPR juga membela Jokowi. Buat Eva, hampir semua dunia mesti melawan keperkasaan dolar.

Eva lantas memperbandingkan nilai ganti rupiah dengan mata uang negara lainnya. Menurutnya, Jokowi sukses mengawasi nilai ganti Rupiah tidak terjatuh.

Golkar juga mulai bicara. Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily pastikan Jokowi tidak akan tinggal diam. Ia meyakini pemerintah sudah mempersiapkan strategi-strategi untuk menahan rupiah selalu turun.

Jokowi sekarang ini selalu berusaha menangani lonjakan itu. Rapat dengan kementerian berkaitan juga diselenggarakan untuk mencari beberapa langkah antisipasi.

Paling akhir per Selasa (4/9), rupiah ‘parkir’ di level 14. 930 per dolar AS. Akankah Rupiah menguat?

About admin