Home / berita umum / KPK Tengah Mengkalkulasi Kerugian Negara

KPK Tengah Mengkalkulasi Kerugian Negara

KPK Tengah Mengkalkulasi Kerugian Negara  РKPK tengah mengkalkulasi jumlahnya uang negara yang mengalir ke beberapa pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) yang masih tetap terima upah walau ikut serta korupsi. Tidak tanggung-tanggung, keseluruhan ada 2. 357 PNS korup yang masih tetap terima upah. Kok dapat?

Ironi memang saat PNS terlilit korupsi tidak langsung diberhentikan sebelum putusan hukumannya berkekuatan hukum masih (inkrah) dengan waktu hukuman minimum 2 tahun penjara. Hal tersebut ditata dalam Ketentuan Pemerintah (PP) Nomer 11 Tahun 2017 mengenai Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Dengan demikian, mereka juga masih tetap memperoleh upah walau sebetulnya rekening mereka sudah dikunci.

” Selama belumlah diberhentikan, semua PNS memiliki hak atas upah, ” kata Kepala Biro Jalinan Penduduk Tubuh Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Kamis (6/9/2018).

BKN sebetulnya telah menyambangi KPK untuk mengulas hal itu bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Imbauan supaya beberapa PNS korup yang hukumannya sudah inkrah untuk selekasnya dipecat, telah dikatakan.

” Ini sebetulnya BKN tidak dalam kemampuan memaksa PPK (Petinggi Pembina Kepegawaian) pusat/daerah. Kami cuma memperingatkan mereka akan kewenangan yang mereka punya. Tetapi berhati-hati, bila tidak dikerjakan pemberhentian dengan tidak hormat, KPK akan masuk bersama dengan KemenPAN-RB serta Kemendagri, ” tutur Ridwan.

Sedang mengenai angka keseluruhan 2. 357 PNS korup masih tetap terima upah awal mulanya dikatakan Kepala BKN Bima Haria Wibisana di KPK. Dia awalannya menyampaikan ada 2. 674 PNS yang hukumannya sudah inkrah, tapi baru 317 orang yang diberhentikan tidak hormat.

” Berdasar pada hasil pencarian data dari Dirjen PAS (Pemasyarakatan) Kemenkum HAM beberapa 7. 749 PNS, dikerjakan verifikasi serta validasi data PNS yang ikut serta Tipikor serta putusan pengadilannya telah inkrah didapat data beberapa 2. 674 PNS, dengan perincian yang sudah diberhentikan tidak dengan hormat beberapa 317 PNS serta yang masih tetap aktif beberapa 2. 357 PNS. Data ini masih tetap selalu berkembang sama dengan verifikasi serta validasi kelanjutan, ” kata Bima, Selasa (4/9).

Di lain sisi, Ketua KPK Agus Rahardjo mengakui pihaknya tengah mengkalkulasi berapakah upah yang masih tetap di terima beberapa ribu PNS korup itu walau telah diberi hukuman penjara. Akan tetapi Agus mengakui belumlah dapat pastikan kelompok pengeluaran itu termasuk juga kerugian negara ataukah tidak, yang tentu tanda-tanda pelanggaran dari hal itu tengah diamati KPK.

” Rekan-rekan masih tetap mengkalkulasi itu. Kelak kita lihat, ” kata Agus.

About admin