Home / kebudayaan / Kementerian Pariwisata dukung Festival Adat Iraw Tengkayu

Kementerian Pariwisata dukung Festival Adat Iraw Tengkayu

Kementerian Pariwisata mengapresiasikan festival adar Iraw Tengkayu yang sudah menjadi agenti setiap 2 tahun oleh Pemerintah Kota Tarakan. Bahakan mereka berjanji akan membantu melakukan promosi.

“Kita akan mendukungnya dengan promosi,” ungkap Esti Reko Astuti selaku Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata ketika ditemui di Pantai Amal, Tarakan di Kalimantan Utara pada Minggu 27/12/2015.

Promosi tersebut ingin mereka lakukan supaya filosofi serta tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Tarakan dalam penyelenggaraan dari Iraw Tengkayu bisa diketahui oleh masyarakat luas. Dia juga mendukung apabila pelaksanaan acara Iraw Tengkayu nantinya bisa dilaksanakan pada setiap tahun. Sebab pontensi dari festival adat ini sudah cukup tinggi.

“Kami melihat bahwa Iraw Tengkayu mempunyai suaty potensi yang luar biasa serta bisa untuk kita jadikan sebagai kalander event yang tidak saja dalam 2 tahunan, namun bisa juga menjadi menjadi tahunan. Hal itu akan kita dukung,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Iraw Tengkayu adalah festival adat yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tarakan setiap dua tahun sekali. Dalam kegiatan festival ini, diisi dengan acara kebudayaan serta sejumlah lomba-lomba.

Puncak dari festival ini ialah penurunan dari Padaw Tuju Dulu atau perahu tujuh haluan yang berisikan sesaji laut. Kebiasaan dari adat suku Tidung ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang sudah mereka terima.

About admin