Home / berita umum / Jelang Pemilu 2019, Hakim Dituntut Bersikap Bijaksana Di Sosmed

Jelang Pemilu 2019, Hakim Dituntut Bersikap Bijaksana Di Sosmed

Jelang Pemilu 2019, Hakim Dituntut Bersikap Bijaksana Di Sosmed – Mendekati Pemilu 2019, kondisi politik memanas. Termasuk juga di jagat sosial media. Oleh karenanya, Komisi Yudisial (KY) mengimbau supaya hakim bisa selalu mengawasi independensi serta netralitas di medsos.

” KY mengimbau hakim supaya bisa selalu mengawasi independensi dalam menggerakkan tingkah laku kedinasan (pekerjaan yudisialnya) ataupun tingkah laku diluar pekerjaan kedinasannya, ” kata juru bicara KY, Farid Wajdi pada wartawan, Senin (6/8/2018).

Didalam Kode Etik serta Panduan Tingkah laku Hakim (KEPPH) dengan tegas mengatakan, hakim tidak bisa jadi pengurus atau anggota dari parpol. Hakim juga dilarang dengan terbuka mengatakan support pada salah satunya parpol.

” Pelanggaran pada hal seperti ini bermakna punya potensi tidak mematuhi KEPPH karena berperilaku tidak arif serta bijaksana, ” tutur Farid.

Diluar itu, hakim juga dituntut supaya arif serta bijaksana dalam berlaku serta bertutur kata di ruangan sosial media atau lain tempat di didunia riil.

” Terpenting buat hakim untuk berfikir lagi sebelum mengirim atau bagikan suatu content spesifik di sosial media. Jangan pernah seseorang hakim tanpa sadar turut mengirim atau bagikan info yang berisi kedengkian, SARA, dan hoaks serta jenis kampanye negatif, ” tutur Farid.

” Atau kesamaan tingkah laku yang tunjukkan keberpihakan pada calon yang turut kontestasi pileg ataupun pemilihan presiden. Hal seperti ini mengingat keharusan hakim untuk pelihara kehormatan serta keluhuran martabat serta terikat kaidah, ” sambung akademisi Kampus Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) itu.

Menjadi masyarakat negara, hakim memang mempunyai hak pilih dalam Pemilu 2019. Akan tetapi, Komisi Yudisial selalu memperingatkan, beberapa hakim supaya masih selektif, hati-hati serta bijak dalam mengemukakan saran berkaitan Pemilu 2019 untuk mengawasi kemuliaan profesinya.

” Hakim mesti memahami serta sadar jika terikat kaidah yang mengharuskan untuk berlaku arif serta bijaksana dalam tiap-tiap kondisi, ” pungkas Farid.

About admin