Home / Uncategorized / Indonesia Akan Buka Rute Ke Nigeria

Indonesia Akan Buka Rute Ke Nigeria

Indonesia Akan Buka Rute Ke Nigeria – Pelebaran pasar ekspor baru jadi satu diantara taktik perdagangan luar negeri Indonesia sekarang ini. Searah dengan itu, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menyampaikan, pemerintah tengah menjajaki rute pelayaran segera ke Nigeria.

” Saya lakukan pertemuan bilateral dengan menteri luar negerinya (Menlu Nigeria), dengan acting (mewakili) presidennya, serta private sector. Kita berupaya untuk lakukan direct trip (pelayaran segera), ” tutur Retno selesai berjumpa dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kamis (8/7/2017).

Langkah ini dikerjakan, untuk memperluas jaringan ekspor beberapa produk Indonesia. Nigeria sesungguhnya bukanlah negara baru untuk product Indonesia.

Retno bercerita, sekarang ini telah banyak product RI yang masuk ke Nigeria tetapi lewat negara ketiga. Hal semacam ini memberi kerugian, karna RI tidak dapat maksimal peroleh keuntungan. Di segi lain, Nigeria memperoleh barang RI dengan harga yang lebih mahal karna mesti terlebih dulu singgah ke negara lain.

” Sampai kini sangat banyak perdagangan yang kita kerjakan dengan Nigeria. Itu dikerjakan dengan pihak ketiga. Oleh karenanya, kita menginginkan lakukan perdagangan yang sifatnya segera. Termasuk juga perdagangan di bagian migas, ” sambung dia.

Karenanya ada rute pelayaran segera RI-Nigeria, diinginkan jalinan perdagangan ke-2 negara makin kuat serta dapat memberi keuntungan untuk ke-2 iris pihak.

” Dari mereka kita banyak ambil minyak. Dari kita diantaranya ekspor kita berbentuk CPO (minyak sawit), mebel, lalu product kain dsb, ” tandas dia.

About admin