Home / berita umum / Hilal Belum Terlihat Di Makasar

Hilal Belum Terlihat Di Makasar

Hilal Belum Terlihat Di Makasar – Kemenag Sulsel, dengan BMKG Lokasi IV Makassar memonitor hilal. Pemantauan sore hari ini tidak dapat lihat hilal dengan ketinggian minus 0, 20.

” Ini pantauan rukyatul hilal untuk memastikan 1 Ramadan 1439 H. Bila dari perhitungan hisab, datanya negatif, peluang besar bln. tidak dapat tampak hari ini, ” kata Koordinator Inatews BMKG Lokasi IV Makassar, J. Jamroni, di Rooftop, Harta benda GTC Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Makassar, Selasa (15/5/2018) .

Selanjutnya, ketinggian bln. sekarang ini minus 0, 20 derajat dengan hasil negatif karena bln. terlebih dulu tenggelam.

” Ketinggian minus 0, 20, jadi bln. tenggelam lebih dulu, maka dari itu dia akhirnya negatif diatas derajat hilal. Bila cuaca bagus mungkin saja dapat tampak, namun ini peluang besar tidak, ” tuturnya.

Jamroni menerangkan dengan teori berdasar pada hasil hisab sesaat, dapat di pastikan awal puasa jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

” Ya bila dengan teori hingga sekarang ini, berdasar pada hisab, peluang awal puasa jatuh pada Kamis, ” terangnya.

BMKG IV Makassar memamparkan hasil perhitungan sesaat ini tidak meyakinkan awal puasa, karena masih tetap menanti hasil resmi sidang isbat yang juga akan di gelar malam hari ini oleh Kementerian Agama.

” Hasil resminya sebentar pada sidang isbat di Jakarta, ini hasil sesaat serta kita tunggulah ketentuan resmi, ” tutupnya.

About admin