Home / berita umum / Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Lebih Dari 100 Menit Di Arab

Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Lebih Dari 100 Menit Di Arab

Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Lebih Dari 100 Menit Di Arab – Gerhana bulan keseluruhan akan dapat dilihat di lokasi Arab Saudi serta beberapa negara Teluk pada 27 Juli yang akan datang. Untuk tahun ini, gerhana bulan keseluruhan akan dapat terpantau dalam waktu sangat lama semenjak delapan dasa warsa paling akhir.

Selasa (24/7/2018), anggota Serikat Arab untuk Astronomi serta Pengetahuan Luar Angkasa, Profesor Khalid al-Zaaq, lewat account media sosialnya mengatakan warga Saudi akan dapat mencermati gerhana bulan keseluruhan sangat lama semenjak 83 tahun paling akhir.

Gerhana bulan keseluruhan itu akan ada serta dapat dilihat di semua lokasi Saudi pada Jumat (27/7) malam waktu ditempat.

” Gerhana bulan keseluruhan akan berjalan sepanjang lebih dari 100 menit serta akan tampak di beberapa belahan bumi pada level berlainan serta di Arab Saudi serta Teluk akan dapat dilihat dengan cara penuh, ” ucap Al-Zaaq.

” Berlangsung jam 21. 24 waktu ditempat serta selesai jam 01. 19 waktu ditempat, ” paparnya.

Peristiwa gerhana bulan keseluruhan yang dimaksud Blood Moon ini dapat dapat dilihat dengan cara prima di lokasi India, Pakistan, Mesir, Afrika Selatan serta Afrika Tengah. Rata-rata belahan Bumi sisi timur yang akan dapat melihat gerhana bulan keseluruhan ini.

Untuk lokasi Indonesia, berdasar pada info dari Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN), gerhana bulan keseluruhan akan dapat dilihat pada Sabtu (28/7) pagi hari kelak, mulai jam 01. 24 – 05. 19 WIB. Untuk babak totalnya akan berlangsung sepanjang 43 menit, persisnya mulai jam 02. 30 WIB sampai 04. 13 WIB.

Gerhana bulan adalah peristiwa langka waktu bayangan Bumi menutupi sinar Matahari, hingga akan menimbulkan bayangan Bulan. Kenyataan ini berlangsung waktu Bumi terdapat diantara Matahari serta Bulan pada satu garis lurus, hingga cahaya Matahari tidak dapat sampai Bulan.

Ada tiga type gerhana, yaitu keseluruhan, sebagian serta penumbra. Dari ketiganya, gerhana bulan keseluruhan yang sangat dramatis karena bayangan Bumi akan dengan cara keseluruhan menutupi Bulan.

About admin