Home / berita umum / Diduga Pelaku Pembuangan e-KTP Di Bogor Dan Jatim Adalah Orang Yang Sama

Diduga Pelaku Pembuangan e-KTP Di Bogor Dan Jatim Adalah Orang Yang Sama

Diduga Pelaku Pembuangan e-KTP Di Bogor Dan Jatim Adalah Orang Yang Sama – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengira pemeran yang buang beberapa ribu e-KTP di Duren Sawit, Jakarta Timur adalah orang yang sama seperti yang berlangsung di Bogor pada Mei 2018.

“Ada tanda-tanda orang sama yang dahulu di Bogor dengan yang saat ini tercecer di Duren Sawit, tempat tinggalnya kok bersisihan, moga-moga ini dapat disibak apakah motivasinya,” papar Tjahjo di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2018).

Peristiwa tercecernya e-KTP di Bogor membuat pihak Kemendagri turunkan jabatan satu diantaranya petinggi Ditjen Dukcapil. Karena, tersangka pemeran kerjakan pembuangan e-KTP itu dikira anak dari petinggi Kemendagri.

“Jika yang di Bogor ya orang dalam, yang dapat ambil kan orang dalam. Jika pencuri gak mungkin berkarung-karung,” ujarnya.

Tjahjo menyebutkan dirinya sendiri sekarang tengah menanti penyidikan yang dilaksanakan aparat kepolisian berkaitan masalah tercecernya e-KTP ini. Akan tetapi ia beranggapan apabila tercecernya e-KTP ini miliki unsur politik.

“Kami nantikan hasil pengecekan selesai dari polisi. Kami gak pengen dahului polisi. Kelak ada konpers sah selesai kami bertemu Kabareskirim,” tandas Tjahjo.

Awal mulanya, satu karung berisi KTP elektronik, diketemukan oleh anak-anak yang tengah bermain bola di ruang persawahan Jl Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit. Penemuan ini dilaporkan petugas RW ditempat ke polisi seputar jam 13.30 WIB.

Waktu dicheck penduduk ditempat, KTP itu diketemukan dalam keadaan tak terpotong-potong serta terisi dengan data pribadi penduduk. Walau begitu, sejumlah KTP diketemukan dalam keadaan rusak serta tak bisa dibaca tulisannya.

About admin