Home / kesehatan / Depresi Dapat Diatasi Dengan Beberapa Cara

Depresi Dapat Diatasi Dengan Beberapa Cara

Depresi Dapat Diatasi Dengan Beberapa Cara – Depresi dapat dihadapi oleh siapapun. Tanda-tandanya diantaranya, terasa putus harapan, kehilangan harapan, menyalahkan sendiri, tak ada hasrat lakukan apa pun, serta menarik diri dari lingkungan.

Banyak aspek yang menyebabkan seorang jadi depresi, dari mulai kehilangan orang yang begitu di cintai, beban ekonomi ataupun pekerjaan, sampai akibat trauma alami bencana.

Orang yang depresi bisa mempunyai hasrat untuk bunuh diri. Bunuh diri pasti bukanlah jalan keluar untuk menangani satu permasalahan.

Dokter kesehatan jiwa, dr. Andri, SpKJ, FAPM mengungkap, kunci paling utama serta yang pertama kalinya bisa dikerjakan untuk menangani tanda-tanda depresi yaitu bicara. Janganlah sangsi bercerita beban fikiran, permasalahan pribadi, atau rasa sedih pada beberapa orang paling dekat.

” Bicara dahulu sama orang, mari bicara dahulu! Anda berikan apa yang anda rasakan, ” kata Andri waktu dihubungi Kompas. com.

Tiap-tiap orang tentu mempunyai persoalan dalam kehidupannya. Yakinlah, senantiasa ada jalan keluar untuk mengatasinya. Tidak memerlukan rasa takut untuk mencurahkan isi hati atau sharing pada rekan ataupun keluarga. Bahkan juga, Anda dapat menceritakannya pada Sang Pencipta.

Diluar itu, ada psikolog ataupun psikiater. Tidak ada kelirunya berkonsultasi dengan beberapa ahlinya. Dokter Andri mengungkap, banyak orang-orang yang salah melihat keadaan depresi.

Depresi kerapkali dihubungkan dengan kekurangan diri seorang, dikira kurang bersukur lantaran kurang beriman, atau dinilai tak normal.

” Hal semacam itu tak benar, lantaran depresi yaitu masalah medis yang miliki dampak pada situasi perasaan, ” terang dokter yang berpraktik di Tempat tinggal Sakit Omni, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan ini.

Saat Anda terasa gelisah, kekhawatiran terlalu berlebih, kalut, sedih terus-menerus, terasa putus harapan serta kehilangan harapan, janganlah cuma memendamnya dalam hati.

Tidak butuh malu memohon pertolongan service kesehatan jiwa. Sama seperti saat kita terasa sakit dengan cara fisik, seperti sakit perut, maupun demam, jadi tidak sangsi juga kontrol ke dokter, kan?

Dahulu, ada hotline kesehatan jiwa oleh Kementerian Kesehatan. Mereka dapat sharing lewat telepon. Sekarang ini, belum ada lagi service kesehatan jiwa 7×24 jam lewat telepon.

Komune mencegah bunuh diri, Into the Light juga buka tempat sharing lewat e-mail intothelight. [email protected] com. Pendiri Into the Light Benny Prawira menyampaikan, pihaknya juga sering kewalahan membalas e-mail lantaran terbatasnya tenaga.

” Sehari-hari nyaris senantiasa ada e-mail yang masuk, ” kata Benny.

Lewat e-mail itu, siapa saja yang alami tanda-tanda depresi atau permasalahan kesehatan jiwa yang lain, bisa mencurahkan isi hatinya.

Beberapa relawan dari Into the Light nanti bakal membalas e-mail itu sampai memberi jalan keluar ataupun referensi ke klinik atau psikiater.

About admin