Home / indonesia / Buah Impor Lebih Mahal Dari Buah Asing | Gaya

Buah Impor Lebih Mahal Dari Buah Asing | Gaya

Buah Impor Lebih Mahal Dari Buah Asing | Gaya Indonesia yang memiliki tanah yang sangat luas dan juga kaya akan varietas buah tropis, juga tidak menjamin ekspor buah dari Negara ini sangat menggembirakan. Sebaliknya, pasar di dalam negeri justru dibanjiri buah impor. Terlebih, harga buah lokal malah lebih mahal daripada buah impor dari China yang datangnya ribuan mil jauhnya.

Khafid Sirotudin selaku Ketua Umum Assosiasi Eksportir Buah dan Sayuran Segar Indonesia (Aseibssindo) mengatakan bahwa penyebab mahalanya harag buah lokal dikarenakan tingginya ongkos logistik yang telah ditanggung oleh pedagang perantara.

“Petani menjual buah murah kok diaderah sendiri. Yang membuat mahal itu adalah ongkos transportasinya. Dapat dibayangkan sendiri kan, untuk kirim jeruk dari Pontianaka ke Ibu Kota Jakarta, malah lebih mahal impor Jeruk Mandarin dari China,” kata Khafid, Minggu (20/11).

“Atau begini, kirim Jeruk Kintamani mengunakan truk dari Bali ke Jakarta sampai 2-3 hari malam. Dan sampai di Jakarta juga akan berbeda, karena pengemasanya saja juga berbeda. Buah manggis di Jakarta mahal, namun kalau ke Purbalingga murah disana,” lanjutnya.

Dengan kondisi yang seperti inilah yang membuat pemerintah menimpor buah dari China yang lebih murah harganya dan membanjiri pasar dalam negeri ini.

About admin