Home / kesehatan / Bakteri Gusi Dapat Pengaruhi Susah Hamil

Bakteri Gusi Dapat Pengaruhi Susah Hamil

Bakteri Gusi Dapat Pengaruhi Susah Hamil – Bakteri dalam gusi perempuan dapat buat wanita susah hamil. Bakteri yang umum dihubungkan dengan penyakit gusi atau periodontal ini bisa tunda pembuahan pada wanita muda. Penyakit periodontal yaitu reaksi inflamasi pada infeksi bakteri dibawah garis gusi.

” Hasil riset kami, mendorong remaja putri umur arsip untuk melindungi kesehatan mulut serta lakukan kontrol periodontal dengan teratur, ” kata satu diantara peneliti Susanna Paju dari University of Helsinki, Finlandia.

Riset ini melibatkan 256 wanita berumur 19 – 42 th. yang punya niat untuk hamil serta sudah hentikan pemakaian kontrasepsi di Finlandia Selatan. Peneliti mencermati aspek kesuburan sepanjang 12 bln..

Hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Berkaitan dengan mulut Mikrobiology dengan penting diketemukan bakteri porphyromonas gingivalis di air liur wanita yg tidak hamil. Kandungan antibodi saliva serta serum pada patogen ini dengan penting lebih tinggi pada wanita yg tidak hamil.

Porphyromonas gingivalis di air liur serta konsentrasi air liur atau serum antibodi yang lebih tinggi berisiko 3 kali semakin besar pada wanita tidak hamil.

” Studi kami tidak menjawab pertanyaan tentang peluang penyebabnya ketidaksuburan tetapi ini tunjukkan kalau bakteri periodontal mempunyai dampak systemik bahkan juga dalam jumlah yang lebih rendah, serta bahkan juga sebelumnya tanda klinis penyakit gusi yang pasti bisa diliat, ” kata Paju.

” Dibutuhkan studi selanjutnya untuk menerangkan mekanisme dibalik keterikatan ini, ” katanya.

Wanita muda didorong untuk melindungi kesehatan serta kebersihan mulut terlebih buat mereka yang berencana kehamilan, kata Paju.

About admin