Home / indonesia / Badak Sumatera Dipulangkan ke Indonesia | Berita Nasional

Badak Sumatera Dipulangkan ke Indonesia | Berita Nasional

Badak Sumatera Dipulangkan ke Indonesia | Berita Nasional. SeekorĀ badak Sumatera yang lahir di Amerika sudah kembali ke negara asalnya, Indonesia, seusai melewati penerbangan yang cukup lama dari Ohio. Selama ini, badak tersebut berada di kebun binatang Cincinnati sebagai badak asli Sumatera terakhir yang berada di sana.

Badak berkelamin jantan yang diberi nama Harapan berumur 8 tahun tersebut dipulangkan ke negara asalnya sebagai salah satu usaha pengembangbiakan guna membantu melestarikan jenis badak ini yang semakin terancam punah.

Sebagaimana dilansir oleh VOA Indonesia, badak ini tiba di Bandara Sukarno-Hatta, dengan menaiki pesawat jet Cathay Pacific yang dibungkus dengan peti perjalanan khusus. Dia kemudian meneruskan perjalanannya dengan naik truk, kemudian naik feri mnuju Pulau Sumatera.

Populasi Badak Sumatera sangat menurun sepanjang 50 tahun terakhir lantaran perburuan yang kian meraja-lela demi mendapatkan cula-nya.

Kebun binatang Cincinnati adalah pelopor pembiakan jenis badak ini, yang kerap dipanggil sebagai ‘badak berambut’.Mereka telah menghasilkan 3 bayi badak pertama yang dilahirkan dalam penangkaran pada jaman modern ini.

Harapan bakal segera bergabung dengan badak yang lainnya, Andalas, yang sudah berada di Tanah Air semenjak 2007 lalu dan sudah menghasilkan 1 keturunan berkelamin jantan.

About admin