Home / kuliner / Ayam Taliwang Sebagai Menu Juara Waktu Ramadhan

Ayam Taliwang Sebagai Menu Juara Waktu Ramadhan

Ayam Taliwang Sebagai Menu Juara Waktu Ramadhan – Ayam Taliwang, jadi menu paling juara dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menu ini telah memperoleh penghargaan sebagai menu halal. Tidak cuma menunya, Lombok juga dinobatkan sebagai tempat wisata halal untuk turis muslim.
Tidak ada kelirunya berbuka puasa dengan Ayam Taliwang. Tak susah, dapat di buat sendiri dirumah. Seperti dicontohkan oleh Chef The Margo Hotel Meindra Bayu Sunjaya, menu ini jadi gampang untuk diterapkan. Tidak butuh diragukan, rasa-rasanya demikian lezat.

“Ayam Taliwang jadi menu paling favorite serta gampang di buat dirumah. Walau di step akhir mesti dibakar, atau dipanggang, ibu-ibu dirumah dapat memakai alat panggang simpel. Harga nya memerlukan cost Rp 50 ribu sampai Rp 75 ribu, ” ungkap Bayu pada JawaPos. com.

Beberapa bahan :

1. Ayam potong

2. Cabai merah 30 gram

3. Bawang merah 7 gram

4. Bawang Putih 4 gram

5. Kemiri 2 gram

6. Terasi 2 gram

7. Kencur 1 gram

8. Asam Jawa 1 gram

9. Sereh 1 gram

10. Lengkuas 2 gram

11. Jahe 2 gram

12. Daun jeruk 1 gram

13. Daun salam 1 gram

14. Garam 3 gram

15. Kaldu ayam 2 gram

16. Air 1 gelas

17. Gula merah 2 gram

Langkah Memasak Ayam Taliwang :

Sebelumnya dimasak, bersihkan ayam lalu di rebus dengan memakai garam. Hal semacam itu untuk bikin bakteri didalam ayam hilang. Diluar itu, ayam juga jadi tak amis waktu disantap. Kemudian angkat ayam.

Di wajan terpisah, tumis bawang merah bawang putih serta kemiri. Masukan juga bumbu dapur yang telah dihaluslan. Yakni (garam, sereh, bawang putih, lengkuas, jahe). Lalu tumis sampai wangi.

Berikan daun daun salam serta kencur. Sampai berwarna kecokelatan lalu berikan cabai merah giling. Masukan terasi serta asam jawa seperlunya yang telah dihaluskan.

Lebih bumbu garam serta gula merah, dan air seperlunya. Barulah ayam yang telah di rebus tadi, dimasukan berbarengan bumbu yang telah ditumis. Ayam juga diungkep hingga masak.

Sesudah ayam masak, angkat ayam serta tiriskan. Air rebusan sisa memasak dimasak lagi hingga kental. Lantas disiram ke atas ayam yang telah dibumbui. Lalu ayam dibakar dengan memakai oven atau alat panggang.

Siram lagi dengan sisa bumbu di atasnya. Untuk pelengkap, berikan tumisan kangkung di piring berbarengan ayam. Ayam Taliwang siap disantap. (cr1/JPG)

About admin