Home / berita umum / 4 Pelaku Pengganjal ATM di Minimarket Jaksel Diamankan Polisi

4 Pelaku Pengganjal ATM di Minimarket Jaksel Diamankan Polisi

4 Pelaku Pengganjal ATM di Minimarket Jaksel Diamankan Polisi – Satreskrim Polres Metro Jaksel meringkus komplotan pembobolan ATM dengan modus mengganjal ATM di minimarket Jakarta Selatan. Keseluruhan aktor yang ditangkap sekitar 4 orang.

“Ini modusnya lewat cara mengganjal mesin ATM yang dikerjakan oleh 4 orang, waktu peristiwa tanggal 12 Februari 2019 jam 15.30 WIB, tempatnya di minimarket di lokasi Jakarta Selatan,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Andi Sinjaya Ghalib pada wartawan di kantornya, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (12/3/2019).

Ke empat terduga ialah ND alias N (34), HS alias D (40), MI alias I (40), serta JR alias E (30), yang datang dari Lampung. Ke empat terduga mempunyai peranan semasing.

“Terduga ND mempunyai peranan seakan mengantri di belakang calon korban, berpura-pura menolong korban untuk keluarkan ATM serta ia menukarkan kartu punya korban dengan ATM yang telah disediakan,” katanya.

Lalu, terduga HS bekerja menjadi ‘teknisi’. Ia yang mengganjal mesin ATM memakai tusuk gigi.

“Selalu lalu ia pun menolong pun menukarkan kartu ATM punya korban,” tuturnya.

Setelah itu, terduga MI bertindak mengubah perhatian orang di seputar. Terduga berpura-pura jadi konsumen di minimarket supaya karyawan minimarket tidak mencurigai komplotannya.

“Yang paling akhir ialah JR alias E (30), ia pun dari Lampung. Ia turut mengantre serta ia turut lihat PIN dari ATM dari korban saat telah diganti serta dimasukkan ke mesin. Bahkan juga mereka pun berdua memandangnya, jadi ada 6 digit, 3 digit disamping kiri oleh aktor yang lain serta satu lainnya oleh aktor yang lain. Hingga ia membagi pekerjaan,” tuturnya.

Beberapa terduga diamankan di Tangerang serta Karawang pada 27 Februari 2019, sesudah polisi mengidentifikasi rekaman CCTV di minimarket. Dari beberapa terduga, polisi mengambil alih tanda bukti berbentuk buku tabungan, tusuk gigi, gunting, serta handphone dan flashdisk.

About admin